Apakah Pembayaran Digital Mempermudah Bertransaksi Atau Malah Sebalik nya ?

Kita semua tau seiring berganti nya zaman dan waktu semua hal baru banyak di ciptakan dan bermunculan mulai dari gaya hidup,style,makanan,kendaraaan, dan yang paling banyak di soroti saat ini ialah Teknologi Digital, banyak perusahaan di bidang teknologi berlomba lomba menciptakan ide baru untuk meramaikan dunia teknologi.

Saat ini sedang marak di bicarakan dan mungkin hampir sebagian besar orang menggunakan nya. nah yang saat ini sedang banyak gunakan dan di bahas ialah Teknologi Pembayaran Digital, banyak perusahaan saat ini menciptakan berbagai macam metode pembayaran digital atau yang sering kita sebut E-money (uang elektronik) dalam bentuk aplikasi yang bisa di instal di gadget para pengguna aplikasi dengan mudah dan praktis tanpa syarat ketentuan yang menyulitkan bagi si pengguna sendiri.

kali ini yang sedang banyak di bahas, banyak pro dan kontra dari sebagian masyarakat saat ini. cukup efisensi kah atau malah mempersulit dengan ada nya metode seperti ini. mungkin bagi kaum milenial Teknologi ini cukup simple untuk di gunakan sehari hari karena mereka sudah sering menggunakan berbagai macam jenis teknologi namun bagaimana dengan lapisan masyarakat yang kurang bisa atau mungkin tidak bisa dan tidak tahu sama sekali menggunakan metode tersebut.

Pro & Kontra tentang metode pembayaran Digital!

Setiap ada ide & perubahan yang muncul di kalangan masyarakat akan selalu ada pro dan kontra karena sudah pasti pandangan setiap masing masing orang berbeda beda. dengan ada nya metode pembayaran digital di era sekarang ini banyak sekali yang menyukai metode tersebut karena di anggap lebih praktis, tapi tidak sedikit juga yang tidak menyukai dengan adanya metode tersebut karna di anggap mempersulit.

Metode pembayaran digital kini telah banyak di gunakan di berbagai jenis pembayaran dan biasanya berbentuk aplikasi yang mempermudah si pengguna untuk menggunakan nya kapan dan dimana saja dalam kondisi apapun. bagi orang orang yang sudah terbiasa hidup di era serba modern mungkin bagi mereka gampang gampang aja, tapi bagaimana dengan nasib orang orang yang tidak paham dengan teknologi atau biasa kita sebut dengan kata Gaptek.

Kali ini kita bahas dari sisi orang orang yang setuju (pro). mungkin kabar ini kabar gembira bagi mereka si pecinta teknologi atau mereka yang memang sudah terbiasa dengan hal hal yang berbau digital karena dengan ada nya metode ini mereka akan lebih mudah dalam bertransaksi jadi bukan hal yang langka atau sulit bagi mereka untuk menggunakan nya. jadi kita tidak perlu lagi membahas lebih jauh tentang orang orang yang memang sudah mereka tunggu tunggu teknologi atau metode seperti ini.

Lalu bagaimana dengan nasib orang orang yang tidak setuju (kontra) dengan ada nya metode atau teknologi seperti ini. mereka yang tidak setuju atau bahkan menganggap metode yang ada ini malah membuat susah dan ribet, mau tidak mau secara tidak langsung mereka di haruskan bisa menggunakan metode tersebut di era yang serba modern ini karena memang sudah menjadi tuntutan bagi sejumlah orang untuk bisa menggunakan teknologi terbaru yang terus bermunculan di era saat ini. walaupun bukan hal mudah bagi mereka karena pasti nya mereka yang belum terbiasa akan merasa lebih di sulitkan dari biasanya.

Karena bukan hanya menyulitkan metode seperti ini juga membutuhkan biaya, bagi lapisan masyarakat ekonomi menengah ke bawah termasuk hal yang meyulitkan karena memang dengan ada nya teknologi seperti ini mereka harus mengeluarkan biaya. karena teknologi atau metode seperti ini tidak di sediakan gratis begitu saja oleh perusahaan pembuat nya, contoh nya bagi mereka yang belum memiliki gadget atau handphone yang berbasis android mereka harus mengeluarkan biaya untuk itu belum lagi untuk mempelajari cara mengggunakan nya khusus nya bagi mereka yang bisa di bilang memiliki usia yang tidak muda lagi jadi bagi mereka ini merupakan hal yang sulit bahkan mereka tidak menginginkan metode seperti ini ada.

Jadi mungkin banyak sekali pujian dari mereka yang memang suka dengan ada nya metode sepert ini namun tak sedikit juga kritikan bagi mereka yang tidak suka dengan ada metode yang ada ini. namun pada akhirnya lebih banyak yang menyukai dan menggunakan metode dan teknologi tersebut di banding yang tidak suka dan tidak menginginkan metode seperti ini.

Apa saja Kelebihan atau kekurangan menggunakan pembayaran digital

Tidak bisa kita sangkal atau pungkiri dengan adanya teknologi pembayaran digital mempermudah kita untuk bertransaksi, hal simplenya dalam berjual beli atau berdagang karena di jaman ini banyak sekali toko toko online di media sosial atau bahkan sudah ada aplikasi yang memang sudah di khususkan untuk jadi aplikasi jual beli barang barang kebutuhan sehari hari. dengan ada nya pembayaran digital kita dengan mudah membeli barang barang keinginnan kita di berbagai macam online shop. bahkan bagi mereka yang ingin membuka usaha berbasis online dengan adanya metode pembayaran yang serba digital ini mereka lebih mudah untuk menjalankan bisnis nya.

Yang biasa nya kita membawa uang kertas atau uang koin di dompet atau di saku. kini tanpa harus seperti itu lagi kita sudah bisa membeli barang yang ingin kita beli dengan membayar barang melalui metode pembayaran digital karena hampir sebagian besar tempat contohnya: toko,mall bahkan tempat makan sudah bisa menggunakan pembayaran berbasis digital dengan metode uang elektronik atau berupa saldo yang ada di aplikasi pembayaran digital yang banyak dan beraneka ragam jenis dan fungsi nya masing masing.


Terkadang di aplikasi e money yang kita gunakan menyediakan berbagai promo contoh nya diskon diskon yang jika kita gunakan bisa mengurangi harga jumlah normal yang di jual oleh toko atau online shop saat kita melakukan transaksi.
contohnya kita membeli makanan atau barang di toko jika kita bayar dengan uang cash harga tetap di jual dengan harga normal, tapi jika kita beli dan membayarnya dengan aplikasi pembayaran digital/emoney akan ada potongan yang di sediakan oleh toko tersebut dan masih banyak berbagai macam promo lain nya tergantung masing masing aplikasi yang kita gunakan.


Apalagi di tengah pandemi seperti ini hampir semua kegiatan di batasi dan di awasi oleh pihak pemerintahan untuk menekan nya jumlah korban dan penularan virus covid 19 jadi, metode pembayaran non tunai ini sangat efisien dan berguna di tengah tengah kejadian seperti ini karena kita bisa mudah nya membayar barang atau makanan kita tanpa harus bertemu. menurut riset di yang di lakukan sebagian ilmuwan, penularan nya hampir banyak di sebabkan antara pasien covid yang bersentuhan langsung dengan orang sekitar, jadi secara tidak langsung metode pembayaran non tunai mengurangi kita untuk berdekatan dengan orang sekitar, seperti peraturan yang ada 3M menjaga jarak,memakai masker dan mencuci tangan. jadi dengan ada nya metode ini cukup membantu sekali untuk pemerintahan menekan dan bisa menanggulangi pandemi ini.

Kali ini kita bahas kekurangannya, Semua teknologi berbasis internet dan digital tidak mungkin jika tidak ada kendala saat penggunaan nya contoh nya saat aplikasi sedang dalam maintance atau perbaikan dari perusahaan di aplikasi tersebut jadi pada saat itu aplikasi tersebut tidak bisa kita gunakan seperti biasanya jadi kita harus menunggu sampai perbaikan atau maintance nya selesai baru bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Satu lagi kelemahan nya yaitu karna berbasis digital sudah pasti membutuhkan jaringan internet yang baik agar transaksi yang kita lakukan tidak gagal tak sedikit kendala jaringan internet menjadi alasan nya, maka dari itu aplikasi pembayaran digital juga harus di dukung dengan internet yang bagus dan stabil dan tidak lupa ada batas dan ketentuan tertentu yang di batasi oleh perusahaan pencipta. contohnya batas dan nominal transaksi yang bisa kita lakukan di batasi pada jangka waktu tertentu atau bisa di bilang ada batas limitnya.

Semenjak ada aplikasi pembayaran digital banyak penipuan penipuan yang cukup merugikan bagi mereka yang tertipu karena banyak perusahaan penipu yang menggunakan aplikasi pembayaran tersebut untuk menjalankan bisnis penipuan nya. contoh nya yang sedang marak seperti investasi bodong yang pembayaran nya bisa menggunakan aplikasi e money, banyak masyarakat awam yang tertipu oleh iming iming yang menjanjikan. tidak jarang juga aplikasi seperti ini di manfaat kan untuk transaksi transaksi ilegal. dan tingkat keamanan aplikasi pembayaran elektronik saat ini masih di nilai kurang aman karena banyak kejadian yang dimana aplikasi tersebut dapat di bobol dengan mudah dan data data si pemilik aplikasi tersebut mudah untuk di curi.

Setiap teknologi apapun itu jenis nya pasti memiliki keuntungan dan kerugian atau kekurangan dan kelebihan bagi masing masing pengguna tergantung si pengguna menggunakan nya untuk hal positif atau sebaliknya.

Lalu bagaimana kita menyikapinya dengan ada nya teknologi seperti ini ?

Setiap ada gagasan baru atau ide ide baru pasti banyak perdebatan yang terjadi karena ada yang suka atau tidak dengan gagasan yang di buat lantas bagaimana kita harus mengambil sikap dan pikiran kita. kembali lagi dengan pembahasan nya suka atau tidak kita akan terus mengikuti jaman dan waktu itu sudah pasti, karena kita mahkluk hidup yang akan mengikuti waktu berjalan. bukan malah sebalik nya karena pada dasar nya waktu tidak akan menunggu kita namun waktu akan berlalu begitu saja dengan kejadian kejadian yang ada, mulai dari era kuno dan sampai sekarang di era yang bisa di bilang memang sudah masuk era modern yang sekarang ini semua serba digital dan online.

Sebagai mahkluk sosial kita harus mengikuti aturan dan ketetapan yang ada di tengah tengah lingkungan masyarakat saat ini seperti yang sedang kita bahas saat ini adalah pembayaran berbasis digital, yang bukan hanya di gunakan oleh penggiat usaha namun saat ini metode pembayaran digital sudah banyak di gunakan dikalangan pemrintahan dan sudah di banyak penetapan dan peraturan yang di buat pemerintah kita, untuk bertransaksi dengan menggunakan metode pembayaran digital e money (non tunai). contoh nya seperti di jalan tol,kendaraan umum,dan fasilitas umum yang sudah di sediakan oleh negara, bahkan sekarang membeli bahan bakar saja sudah harus menggunakan aplikasi yang di hubungkan dengan aplikasi e money atau pembayaran non tunai jadi sebagaimana mahkluk sosial kita memang harus di tuntut untuk bisa dan harus mengikuti nya walaupun bagi sebagian orang memang malah akan membuat sulit atau tidak efisien.

Sebagaimana sikap dan pilihan yang harus kita ambil dan pilih memang sudah seharus nya kita mengikuti aturan yang sudah ada dan tumbuh di tengah tengah masyarakat saat ini, kenapa karena memang pada dasarnya manusia sudah seharus nya berjalan ke depan dan mulai merubah pikiran nya agar kita semua bisa maju kedepan dalam artian kita harus berkembang dan harus memiliki ide ide kemajuan yang ada dalam diri kita, bukan hanya stuck dan diam di situ situ saja.
dengan adanya gagasan yang ada di era modern ini sebaik nya bisa kita terima dan kita manfaatkan dengan baik dan pastinya untuk hal hal positif, pembayaran digital yang sekarang ini ada dan banyak di gunakan memang efeknya cukup besar di berbagai kalangan karena memang semua jadi serba simple dan mudah walaupun memang banyak yang belum terbiasa dengan ada nya metode seperti ini jadi intinya banyak orang mengatakan akan meyulitkan namun sebenarnya dengan ada nya metode seperti ini malah mempermudah kita untuk bertransaksi atau bagi yang mau berusaha di bisnis berbasis online.

Jadi jika kita lihat dari sisi positif nya dengan ada nya perubahan ini justru membuat kita menjadi lebih maju dan berkembang memang kita harus memperlajari metode seperti ini dan mengikuti peraturan yang ada pada dasarnya bukan kita tidak bisa melainkan hanya saja belum terbiasa seperti sebuah pepatah mengatakan “bukan tidak bisa hanya saja belum terbiasa” jika di biasa kan semua akan terbiasa tinggal bagaimana mau mencoba dan belajar untuk mempelajari nya.

Setiap perubahan yang terjadi pasti memberi sebuah pelajaran dan pengalaman dan pesan yang bisa di ambil ialah, yuk kita ubah pola pikir kita bahwa sesuatu yang kita pikir membuat sulit dan tidak bisa di ikuti justru harusnya menjadi pacuan diri agar di kita bisa berkembang dan lebih baik dari sebelum nya tentunya bermanfaat bagi diri kita dan banyak orang sekitar.